Syeikh Muhammad Nawawi al-Jawi al-Bantani ( bahasa Arab : ﻣﺤﻤﺪ
ﻧﻮﻭﻱ ﺍﻟﺠﺎﻭﻱ ﺍﻟﺒﻨﺘﻨﻲ , lahir di Tanara, Serang , 1813 - meninggal di Mekkah ,
1897) adalah seorang ulama Indonesia yang terkenal. Ia bergelar al-Bantani
karena ia berasal dari Banten, Indonesia . Ia adalah seorang ulama dan
intelektual yang sangat produktif menulis kitab, yang meliputi bidang-bidang
fiqih, tauhid, tasawuf , tafsir, dan hadis. Jumlah karyanya mencapai tidak
kurang dari 115 kitab.
Kelahiran dan Pendidikan
Kelahiran1230-1314 H / 1815- 1897 M Lahir dengan nama Abû
Abdul Mu’ti Muhammad Nawawi bin ‘Umar bin ‘Arabi. Ulama besar ini hidup dalam
tradisi keagamaan yang sangat kuat. Ulama yang lahir di Kampung Tanara, sebuah
desa kecil di kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Propinsi Banten (Sekarang
di Kampung Pesisir, desa Pedaleman Kecamatan Tanara depan Mesjid Jami’ Syeikh Nawawi
Bantani) pada tahun 1230 H atau 1815 M ini bernasab kepada keturunan Maulana
Hasanuddin Putra Sunan Gunung Jati, Cirebon. Keturunan ke-12 dari Sultan
Banten. Nasab beliau melalui jalur ini sampai kepada Baginda Nabi Muhammad saw.
Melalui keturunan Maulana Hasanuddin yakni Pangeran Suniararas, yang makamnya
hanya berjarak 500 meter dari bekas kediaman beliau di Tanara, nasab Ahlul Bait
sampai ke Syeikh Nawawi. Ayah beliau seorang Ulama Banten, ‘Umar bin ‘Arabi,
ibunya bernama Zubaedah.
Pendidikan
Semenjak kecil beliau memang terkenal cerdas. Otaknya dengan
mudah menyerap pelajaran yang telah diberikan ayahnya sejak umur 5 tahun. Pertanyaanpertanyaan
kritisnya sering membuat ayahnya bingung. Melihat potensi yang begitu besar pada
putranya, pada usia 8 tahun sang ayah mengirimkannya keberbagai pesantren di
Jawa. Beliau mula-mula mendapat bimbingan langsung dari ayahnya, kemudian
berguru kapada Kyai Sahal, Banten; setelah itu mengaji kepada Kyai Yusuf, Purwakarta.
Di usia beliau yang belum lagi mencapai 15 tahun, Syeikh
Nawawi telah mengajar banyak orang. Sampai kemudian karena karamahnya yang
telah mengkilap sebelia itu, beliau mencari tempat di pinggir pantai agar lebih
leluasa mengajar murid-muridnya yang kian hari bertambah banyak. Pada usia 15
tahun beliau menunaikan haji dan berguru kepada sejumlah ulama terkenal di
Mekah, seperti Syeikh Khâtib al- Sambasi, Abdul Ghani Bima, Yusuf Sumbulaweni, Abdul
Hamîd Daghestani, Syeikh Sayyid Ahmad Nahrawi, Syeikh Ahmad Dimyati, Syeikh
Ahmad Zaini Dahlan, Syeikh Muhammad Khatib Hambali, dan Syeikh Junaid
Al-Betawi. Tapi guru yang paling berpengaruh adalah Syeikh Sayyid Ahmad
Nahrawi, Syeikh Junaid Al-Betawi dan Syeikh Ahmad Dimyati, ulama terkemuka di
Mekah. Lewat ketiga Syeikh inilah karakter beliau terbentuk. Selain itu juga
ada dua ulama lain yang berperan besar mengubah alam pikirannya, yaitu Syeikh
Muhammad Khatib dan Syeikh Ahmad Zaini Dahlan,
ulama besar di Medinah
Nasionalisme dan Gelar-Gelar
Nasionalisme Tiga tahun bermukim di Mekah, beliau pulang ke
Banten . Sampai di tanah air beliau menyaksikan
praktik-praktik ketidakadilan, kesewenang-wenangan dan penindasan dari
Pemerintah Hindia Belanda. Ia melihat itu semua lantaran kebodohan yang masih menyelimuti
umat. Tak ayal, gelora jihadpun berkobar. Beliau keliling Banten mengobarkan perlawanan
terhadap penjajah. Tentu saja Pemerintah Belanda membatasi gara-geriknya.
Beliau dilarang berkhutbah di masjid-masjid. Bahkan belakangan beliau dituduh
sebagai pengikut Pangeran Diponegoro yang ketika itu memang sedang mengobarkan perlawanan
terhadap penjajahan Belanda (1825-1830 M). Sebagai intelektual yang memiliki
komitmen tinggi terhadap prinsip-prinsip keadilan dan kebenaran, apa boleh buat
Syeikh Nawawi terpaksa menyingkir ke Negeri Mekah, tepat ketika perlawanan
Pangeran Diponegoro padam pada tahun 1830 M. Ulama Besar ini di masa mudanya
juga menularkan semangat Nasionalisme dan Patriotisme di kalangan Rakyat Indonesia
. Begitulah pengakuan Snouck Hourgronje. Begitu sampai di Mekah beliau segera
kembali memperdalam ilmu agama kepada guru-gurunya. Beliau tekun belajar selama
30 tahun, sejak tahun 1830 hingga 1860 M. Ketika itu memang beliau berketepatan
hati untuk mukim di tanah suci, satu dan lain hal untuk menghindari tekanan
kaum penjajah Belanda. Nama beliau mulai masyhur ketika menetap di Syi'ib ‘Ali,
Mekah. Beliau mengajar di halaman rumahnya. Mula-mula muridnya Cuma puluhan,
tapi makin lama makin jumlahnya kian banyak. Mereka datang dari berbagai
penjuru dunia. Maka jadilah Syeikh Nawawi al-Bantani al-Jawi sebagai ulama yang
dikenal piawai dalam ilmu agama, terutama tentang tauhid, fiqih , tafsir, dan tasawwuf
. Nama beliau semakin melejit ketika beliau ditunjuk sebagai pengganti Imam
Masjidil Haram, Syeikh Khâtib al-Minagkabawi. Sejak itulah beliau dikenal dengan
nama resmi Syeikh Nawawi al-Bantani al- Jawi.’ Artinya Nawawi dari Banten,
Jawa. Piawai dalam ilmu agama, masyhur sebagai ulama. Tidak hanya di kota Mekah
dan Medinah saja beliau dikenal, bahkan di negeri Mesir nama beliau masyhur di
sana. Itulah sebabnya ketika Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Mesir Negara
yang pertama-tama mendukung atas kemerdekaan Indonesia.
Syeikh Nawawi masih tetap mengobarkan nasionalisme dan
patriotisme di kalangan para muridnya yang biasa berkumpul di perkampungan Jawa
di Mekah. Di sanalah beliau menyampaikan perlawanannya lewat
pemikiran-pemikirannya. Kegiatan ini tentu saja membuat pemerintah Hindia Belanda
berang. Tak ayal, Belandapun mengutus Snouck Hourgronje ke Mekah untuk menemui
beliau. Ketika Snouck–yang kala itu menyamar sebagai orang Arab dengan nama
‘Abdul Ghafûr-bertanya:
“Mengapa beliau tidak mengajar di Masjidil Haram tapi di
perkampungan Jawa?”.
Dengan lembut Syeikh Nawawi menjawab:
“Pakaianku yang jelek dan kepribadianku tidak cocok dan tidak
pantas dengan keilmuan seorang professor berbangsa Arab”.
Lalu kata Snouck lagi:
”Bukankah banyak orang yang tidak sepakar seperti anda akan
tetapi juga mengajar di sana?”.
Syeikh Nawawi menjawab :
“Kalau mereka diizinkan mengajar di sana, pastilah mereka
cukup berjasa". Dari beberapa pertemuan dengan Syeikh Nawawi, Orientalis
Belanda itu mengambil beberapa kesimpulan. Menurutnya, Syeikh Nawawi adalah Ulama
yang ilmunya dalam, rendah hati, tidak congkak, bersedia berkorban demi
kepentingan agama dan bangsa. Banyak murid-muridnya yang di belakang hari
menjadi ulama, misalnya K.H. Hasyim Asyari (Pendiri Nahdhatul Ulama), K.H.
Ahmad Dahlan (Pendiri Muhammadiyah ), K.H. Khalil Bangkalan, K.H. Asnawi Kudus,
K.H. Tb. Bakrie Purwakarta, K.H. Arsyad Thawil, dan lain-lainnya. Konon, K.H.
Hasyim Asyari saat mengajar santri- santrinya di Pesantren Tebu Ireng sering
menangis jika membaca kitab fiqih Fath al-Qarîb yang dikarang oleh Syeikh
Nawawi. Kenangan terhadap gurunya itu amat mendalam di hati K.H. Hasyim Asyari
hingga haru tak kuasa ditahannya setiap kali baris Fath al- Qarib ia ajarkan
pada santri-santrinya. Syeikh Nawawi al-Bantani al-Jawi menikah dengan Nyai
Nasimah, gadis asal Tanara, Banten dan dikaruniai 3 anak: Nafisah, Maryam,
Rubi’ah. Sang istri wafat mendahului beliau.
Gelar-Gelar
Berkat kepakarannya, beliau mendapat bermacam- macam gelar.
Di antaranya yang diberikan oleh Snouck Hourgronje, yang menggelarinya sebagai Doktor
Ketuhanan. Kalangan Intelektual masa itu juga menggelarinya sebagai al-Imam wa
al-Fahm al- Mudaqqiq (Tokoh dan pakar dengan pemahaman yang sangat mendalam). Syeikh
Nawawi bahkan juga mendapat gelar yang luar biasa sebagaia al-Sayyid al-‘Ulama
al-Hijâz (Tokoh Ulama Hijaz). Yang dimaksud dengan Hijaz ialah Jazirah Arab
yang sekarang ini disebut Saudi Arabia. Sementara para Ulama Indonesia
menggelarinya sebagai Bapak Kitab Kuning Indonesia .
Karya-Karya dan Karamah
Karya-Karya Kepakaran beliau tidak diragukan lagi. Ulama asal
Mesir, Syeikh 'Umar 'Abdul Jabbâr dalam kitabnya "al-Durûs min Mâdhi
al-Ta’lîm wa Hadlirih bi al- Masjidil al-Harâm” (beberapa kajian masa lalu dan masa
kini tentang Pendidikan Masa kini di Masjidil Haram) menulis bahwa Syeikh
Nawawi sangat produktif menulis hingga karyanya mencapai seratus judul lebih,
meliputi berbagai disiplin ilmu. Banyak
pula karyanya yang berupa syarah atau komentar terhadap
kitab-kitab klasik. Sebagian dari karya- karya Syeikh Nawawi di antaranya
adalah sebagai
berikut:
1. al-Tsamâr al-Yâni’ah syarah al-Riyâdl al-Badî’ah
2. al-‘Aqd al-Tsamîn syarah Fath al-Mubîn
3. Sullam al-Munâjah syarah Safînah al-Shalâh
4. Baĥjah al-Wasâil syarah al-Risâlah al-Jâmi’ah bayn al-Usûl
wa al-Fiqh wa al-Tasawwuf
5. al-Tausyîh/ Quwt al-Habîb al-Gharîb syarah Fath al-Qarîb
al-Mujîb
6. Niĥâyah al-Zayyin syarah Qurrah al-‘Ain bi Muĥimmâh al-Dîn
7. Marâqi al-‘Ubûdiyyah syarah Matan Bidâyah al- Ĥidâyah
8. Nashâih al-‘Ibâd syarah al-Manbaĥâtu ‘ala al- Isti’dâd li
yaum al-Mi’âd
9. Salâlim al-Fadhlâ΄ syarah Mandhûmah Ĥidâyah al-Azkiyâ΄
10. Qâmi’u al-Thugyân syarah Mandhûmah Syu’bu al-Imân
11. al-Tafsir al-Munîr li al-Mu’âlim al-Tanzîl al- Mufassir
‘an wujûĥ mahâsin al-Ta΄wil musammâ Murâh Labîd li Kasyafi Ma’nâ Qur΄an Majîd
12. Kasyf al-Marûthiyyah syarah Matan al- Jurumiyyah
13. Fath al-Ghâfir al-Khathiyyah syarah Nadham al- Jurumiyyah
musammâ al-Kawâkib al-Jaliyyah
14. Nur al-Dhalâm ‘ala Mandhûmah al-Musammâh bi ‘Aqîdah
al-‘Awwâm
15. Tanqîh al-Qaul al-Hatsîts syarah Lubâb al- Hadîts
16. Madârij al-Shu’ûd syarah Maulid al-Barzanji
17. Targhîb al-Mustâqîn syarah Mandhûmah Maulid al-Barzanjî
18. Fath al-Shamad al ‘Âlam syarah Maulid Syarif al-‘Anâm
19. Fath al-Majîd syarah al-Durr al-Farîd
20. Tîjân al-Darâry syarah Matan al-Baijûry
21. Fath al-Mujîb syarah Mukhtashar al-Khathîb
22. Murâqah Shu’ûd al-Tashdîq syarah Sulam al- Taufîq
23. Kâsyifah al-Sajâ syarah Safînah al-Najâ
24. al-Futûhâh al-Madaniyyah syarah al-Syu’b al- Îmâniyyah
25. ‘Uqûd al-Lujain fi Bayân Huqûq al-Zaujain
26. Qathr al-Ghais syarah Masâil Abî al-Laits
27. Naqâwah al-‘Aqîdah Mandhûmah fi Tauhîd
28. al-Naĥjah al-Jayyidah syarah Naqâwah al-‘Aqîdah
29. Sulûk al-Jâdah syarah Lam’ah al-Mafâdah fi bayân
al-Jumu’ah wa almu’âdah
30. Hilyah al-Shibyân syarah Fath al-Rahman
31. al-Fushûsh al-Yâqutiyyah ‘ala al-Raudlah al- Baĥîyyah fi
Abwâb al-Tashrîfiyyah
32. al-Riyâdl al-Fauliyyah
33. Mishbâh al-Dhalâm’ala Minĥaj al-Atamma fi Tabwîb al-Hukm
34. Dzariyy’ah al-Yaqîn ‘ala Umm al-Barâĥîn fi al- Tauhîd
35. al-Ibrîz al-Dâniy fi Maulid Sayyidina Muhammad al-Sayyid
al-Adnâny
36. Baghyah al-‘Awwâm fi Syarah Maulid Sayyid al- Anâm
37. al-Durrur al-Baĥiyyah fi syarah al-Khashâish al- Nabawiyyah
38. Lubâb al-bayyân fi ‘Ilmi Bayyân.
Karya tafsirnya, al-Munîr, sangat monumental, bahkan ada yang
mengatakan lebih baik dari Tafsîr Jalâlain, karya Imâm Jalâluddîn al-Suyûthi
dan Imâm Jalâluddîn al-Mahâlli yang sangat terkenal itu. Sementara Kâsyifah
al-Sajâ syarah merupakan syarah atau komentar terhadap kitab fiqih Safînah al- Najâ,
karya Syeikh Sâlim bin Sumeir al-Hadhramy. Para pakar menyebut karya beliau
lebih praktis ketimbang matan yang dikomentarinya. Karya-karya beliau di bidang
Ilmu Akidah misalnya Tîjân al- Darâry, Nûr al-Dhalam, Fath al-Majîd. Sementara dalam
bidang Ilmu Hadits misalnya Tanqih al-Qaul. Karya-karya beliau di bidang Ilmu
Fiqih yakni Sullam al-Munâjah, Niĥâyah al-Zain, Kâsyifah al-Sajâ. Adapun Qâmi’u
al-Thugyân, Nashâih al-‘Ibâd dan Minhâj al-Raghibi merupakan karya tasawwuf.
Ada lagi sebuah kitab fiqih karya beliau yang sangat terkenal di kalangan para
santri pesantren di Jawa, yaitu Syarah ’Uqûd al-Lujain fi Bayân Huqûq al- Zaujain.
Hampir semua pesantren memasukkan kitab ini dalam daftar paket bacaan wajib,
terutama di Bulan Ramadhan. Isinya tentang segala persoalan keluarga yang
ditulis secara detail. Hubungan antara suami dan istri dijelaskan secara rinci.
Kitab yang sangat terkenal ini menjadi rujukan selama hampir
seabad. Tapi kini, seabad kemudian kitab tersebut dikritik
dan digugat, terutama oleh kalangan muslimah. Mereka menilai kandungan kitab
tersebut sudah tidak cocok lagi dengan perkembangan masa kini. Tradisi syarah
atau komentar bahkan kritik mengkritik terhadap karya beliau, tentulah tidak mengurangi
kualitas kepakaran dan intelektual beliau.
Karamah
Konon, pada suatu waktu pernah beliau mengarang kitab dengan
menggunakan telunjuk beliau sebagai lampu, saat itu dalam sebuah perjalanan.
Karena tidak ada cahaya dalam syuqduf yakni rumah- rumahan di punggung unta,
yang beliau diami, sementara aspirasi tengah kencang mengisi kepalanya. Syeikh
Nawawi kemudian berdoa memohon kepada Allah Ta’ala agar telunjuk kirinya dapat
menjadi lampu menerangi jari kanannya yang untuk menulis. Kitab yang kemudian
lahir dengan nama Marâqi al-‘Ubudiyyah syarah Matan Bidâyah al-Hidayah itu
harus dibayar beliau dengan cacat pada jari telunjuk kirinya. Cahaya yang
diberikan Allah pada jari telunjuk kiri beliau itu membawa bekas yang tidak hilang.
Karamah beliau yang lain juga diperlihatkannya di saat mengunjungi salah satu masjid
di Jakarta yakni Masjid Pekojan. Masjid yang dibangun oleh salah seorang
keturunan cucu Rasulullah saw Sayyid Utsmân bin ‘Agîl bin Yahya al-‘Alawi,
Ulama dan Mufti Betawi (sekarang ibukota Jakarta), itu ternyata memiliki kiblat
yang salah. Padahal yang menentukan kiblat bagi mesjid itu adalah Sayyid Utsmân
sendiri.
Tak ayal , saat seorang anak remaja yang tak dikenalnya
menyalahkan penentuan kiblat, kagetlah Sayyid Utsmân. Diskusipun terjadi dengan
seru antara mereka berdua. Sayyid Utsmân tetap berpendirian kiblat Mesjid
Pekojan sudah benar. Sementara Syeikh Nawawi remaja berpendapat arah kiblat
mesti dibetulkan. Saat kesepakatan tak bisa
diraih karena masing-masing mempertahankan pendapatnya dengan
keras, Syeikh Nawawi remaja menarik lengan baju lengan Sayyid Utsmân. Dirapatkan
tubuhnya agar bisa saling mendekat.
“ “Lihatlah Sayyid!, itulah Ka΄bah tempat Kiblat kita. Lihat
dan perhatikanlah! Tidakkah Ka΄bah itu terlihat amat jelas? Sementara Kiblat
masjid ini agak kekiri. Maka perlulah kiblatnya digeser ke kanan agar tepat
menghadap ke Ka΄bah". Ujar Syeikh Nawawi remaja. ”
Sayyid Utsmân termangu. Ka΄bah yang ia lihat dengan mengikuti
telunjuk Syeikh Nawawi remaja memang terlihat jelas. Sayyid Utsmân merasa
takjub dan menyadari , remaja yang bertubuh kecil di hadapannya ini telah
dikaruniai kemuliaan, yakni terbukanya nur basyariyyah. Dengan karamah itu, di manapun
beliau berada Ka΄bah tetap terlihat. Dengan penuh hormat, Sayyid Utsmân
langsung memeluk tubuh kecil beliau.
Sampai saat ini, jika kita mengunjungi Masjid Pekojan akan terlihat kiblat digeser,
tidak sesuai aslinya.
Telah menjadi kebijakan Pemerintah Arab Saudi bahwa orang
yang telah dikubur selama setahun kuburannya harus digali. Tulang belulang si
mayat kemudian diambil dan disatukan dengan tulang belulang mayat lainnya.
Selanjutnya semua tulang itu dikuburkan di tempat lain di luar kota. Lubang
kubur yang dibongkar dibiarkan tetap terbuka hingga datang jenazah berikutnya
terus silih berganti. Kebijakan ini dijalankan tanpa pandang bulu. Siapapun
dia, pejabat atau orang biasa, saudagar kaya atau orang miskin, sama terkena
kebijakan tersebut. Inilah yang juga menimpa makam Syeikh Nawawi. Setelah
kuburnya genap berusia satu tahun, datanglah petugas dari pemerintah kota untuk
menggali kuburnya. Tetapi yang terjadi adalah hal yang tak lazim. Para petugas kuburan
itu tak menemukan tulang belulang seperti biasanya. Yang mereka temukan adalah
satu jasad yang masih utuh. Tidak kurang satu apapun, tidak
lecet atau tanda-tanda pembusukan seperti lazimnya jenazah
yang telah lama dikubur. Bahkan kain putih kafan penutup jasad beliau tidak
sobek dan tidak lapuk sedikitpun.
Terang saja kejadian ini mengejutkan para petugas. Mereka
lari berhamburan mendatangi atasannya dan menceritakan apa yang telah terjadi.
Setelah diteliti, sang atasan kemudian menyadari bahwa makam yang digali itu
bukan makam orang sembarangan. Langkah strategis lalu diambil. Pemerintah
melarang membongkar makam tersebut. Jasad beliau lalu dikuburkan kembali
seperti sediakala. Hingga sekarang makam beliau tetap berada di Ma΄la, Mekah.
Demikianlah karamah Syeikh Nawawi al-Bantani al- Jawi. Tanah organisme yang
hidup di dalamnya sedikitpun tidak merusak jasad beliau. Kasih saying Allah
Ta’ala berlimpah pada beliau. Karamah Syeikh Nawawi yang paling tinggi akan
kita rasakan saat kita membuka lembar demi lembar Tafsîr Munîr yang beliau
karang. Kitab Tafsir fenomenal ini menerangi jalan siapa saja yang ingin
memahami Firman Allah swt. Begitu juga dari kalimat-kalimat lugas kitab fiqih,
Kâsyifah al-Sajâ, yang menerangkan syariat. Begitu pula ratusan hikmah di dalam
kitab Nashâih al-‘Ibâd. Serta ratusan kitab lainnya yang akan terus
menyirami umat dengan cahaya abadi dari buah tangan
beliau.
Wafat
Masa selama 69 tahun mengabdikan dirinya sebagai guru Umat
Islam telah memberikan pandangan- pandangan cemerlang atas berbagai masalah
umat Islam . Syeikh Nawawi wafat di Mekah pada tanggal 25 syawal 1314 H/ 1897
M. Tapi ada pula yang mencatat tahun wafatnya pada tahun 1316 H/ 1899 M.
Makamnya terletak di pekuburan Ma'la di Mekah. Makam beliau bersebelahan dengan
makam anak perempuan dari Sayyidina Abu Bakar al-Siddiq, Asma΄ binti Abû Bakar
al-Siddîq .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar